KEGIATAN AKADEMIK

WORKSHOP -Hak Kekayaan Intelektual (HKI)-

STMIK Indonesia Padang sukses menyelenggarakan Workshop dengan tema “Hak Kekayaan Intelektual (HKI)”. Selasa 7 September 2021.
.
Singkatnya, HKI merupakan hak privat (private rights) bagi seseorang yang menghasilkan suatu karya intelektual. Di sinilah ciri khas HKI, seseorang bebas untuk mengajukan permohonan atau mendaftarkan karya intelektualnya atau tidak.
.
Workshop Hak Kekayaan Intelektual ini menghadirkan 2 narasumber : pertama Dr. -Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T. beliau merupakan Ketua LPPM Universitas Andalas. Kedua Hanalde Andre, MT. Ia menjabat sebagai Kepala Pusat Kekayaan Intelektual Universitas Andalas.
.
Workshop ini dihadiri oleh Ketua STMIK Indonesia Padang (Bapak Masyhuri Hamidi, S.E., M.Si., Ph.D., CFP®), WK 1, WK, 2, WK 3, Ketua LPPM, Dosen dan seluruh karyawan STMIK Indonesia Padang.
.
Welcome Speech oleh Ketua STMIK Indonesia Padang (Bapak Masyhuri Hamidi, S.E., M.Si.,Ph.D., CFP® ) menyampaikan beberapa kata sambutan tentang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi mahasiswa dan dosen STMIK Indonesia Padang.
.
Dr. -Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T menjelaskan tentang Indikator dan Bobot Hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi pada tahun 2020 di pengaruhi oleh faktor input, proses, output dan outcome.
Ia juga menjelaskan pentingnya HKI bagi reputasi PT karena bisa berdampak pada promosi dan kepercayaan Stakeholders.
.
Hanadde Andre, MT. menjelaskan bahwa negara yang berbasis HKI lebih makmur dibandingkan dengan dengan Negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang banyak. HKI atau kekayaan intelektual itu merupakan sebuah aset, dan juga menjadi tantangan bagi Indonesia untuk meningkatkan kekayaan intelektual untuk kedepannya. Ia juga menjelaskan betapa berharganya kekayaan intelektual yang harus dipatenkan bagi setiap PT yang ada di Indonesia baik Artikel dosen, sitasi, jurnal, skripsi, thesis bagi dosen dan mahasiswa agar dapat melindungi hak cipta mereka.
.
Workshop ini di Moderatori Ranti Dinaren, S.E. selaku Staf LPPM STMIK Indonesia Padang.