KEGIATAN AKADEMIK

Ditulis Oleh : Dibaca : 111 Kali Tanggal : 22 Januari 2021

STMIK Indonesia Padang Bersiap Menjadi Universitas

PADANG, HALUAN- Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK Indonesia Padang) tengah bersiap menjadi universitas. Ketua STMIK, Masyhuri Hamidi, S.E., M.Si, Ph.D., CFP mengatakan kepada Haluan (19/1) bahwa pihaknya tengah berusaha menambah tiga program studi (prodi) baru.

"Syarat untuk menjadi universitas minimal harus punya lima prodi. Jadi saat ini kita sedang mengusahakan untuk menambah tiga prodi terlebih dahulu. Yaitu S2 sistem informasi, S1 bisnis digital, S1 informatika. Harapannya semester ganjil tahun ini, kita sudah bisa menerima mahasiswa baru untuk prodi baru ini," ujar Masyhuri.

Masyhuri menambahkan pihaknya tengah menjalin kerja sama dengan FTI UNAND dan Politeknik Negeri Padang dalam hal proses belajar dan mengajar. Selain itu, persiapan yang sedang dilakukannya adalah menambah laboraturium untuk prodi informatika dan program magister sistem informasi.

"Saat ini, kita submit dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) sudah setuju. Kita tinggal tunggu dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Dalam hal ini, upaya kita menambah building berupa memperbanyak jumlah kelas dan labor, serta tenaga pengajar," ujarnya.

Kemudian dia menyebutkan prodi paling baru di Sumatera Barat adalah bisnis digital. Mengingat era digital saat ini sudah merambah dan diminati dari segala segi kehidupan. Upaya membuka prodi bisnis digital ini adalah peluang bagi masyarakat khususnya mahasiswa sebagai penerus bangsa untuk bisa mengahadapi era digital.

Di sisi lain Wakil Bidang II Administrasi dan Keuangan, H.M. Dahniel Dahlan, S.E., M.M., mengatakan sejauh ini STMIK sudah memberikan tiga beasiswa berupa bebas uang kuliah kepada mahasiswa yang berprestasi. Sekolah Tinggi yang berada pada naungan Yayasan Albani (Amal Bhakti Mukmin) ini, mempunyai beasiswa istimewa untuk tahfidz quran dengan hafalan minimal dua juz.

"Kita punya beasiswa untuk tahfidz quran, beasiswa istimewa bagi mahasiswa kurang mampu serta mempunyai prestasi sewaktu SMA. Terakhir beasiswa bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang seni, olahraga, dan lain-lain baik itu secara daerah ataupun nasional. Kita akan beri bebas uang kuliah," ujar Dahniel.

Selain itu, Dahniel mengatakan mahasiswa STMIK juga diberi peringkat tiga terbaik setiap angkatan. Dalam hal ini, mahasiswa dengan peringkat pertama diberi keringanan bebas uang kuliah. Peringkat kedua dan ketiga diberi keringanan masing-masingn75 dan 50 persen uang kuliah.

"Kita memberikan peringkat bagi mahasiswa setiap angkatannya bertujuan untuk memacu semangat dan daya juang mahasiswa, dengan syarat semua mahasiswa kita penerima beasiswa ini mampu mempertahankan indeks prestasi komulatif (IPK) 3,0 ke atas," katanya.

STMIK Indonesia Padang, selalu mendukung mahasiswanya dalam segala bentuk kegiatan positif seperti organisasi intra kampus. Hingga saat ini, ada 13 organisasi intra kampus yang aktif di STMIK Indonesia Padang.

"Dengan hal ini, kita berharap STMIK Indonesia Padang bisa menjadi universitas secepatnya seperti yang sama-sama kita harapkan. Karena semua staff kita sudah berusaha keras untuk ini, yayasan sangat mendukung gerakan kita," ujar Masyhuri Hamidi.


(h/mg-dar)

Sumber : Koran Haluan