KEGIATAN AKADEMIK

Ditulis Oleh : LPTI Dibaca : 521 Kali Tanggal : 27 Januari 2018

Peningkatan Kemampuan Penulisan Jurnal Internasional di STMIK Indonesia Padang Bersama Prof. Ir. Dr. S. M. Sapuan, FSAE, Universiti Putra Malaysia

Sebagai perguruan tinggi yang mempunyai visi menjadi salah satu perguruan tinggi bidang teknologi informasi terkemuka di ASEAN pada tahun 2033, STMIK Indonesia Padang selalu berupaya melakukan berbagai program kegiatan yang dapat mendukung pencapaian visi tersebut. Salah satu program kegiatan yang telah dilakukan adalah dengan meningkatkan jumlah dan mutu penelitian ilmiah yang dipublikasikan secara internasional oleh dosen ataupun peneliti melalui penyelenggaraan “Seminar Sharing Experiences in Writing Article for International Journals fo Beginners” yang telah dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 25 januari 2018 di Aula STMIK indonesia Padang.

Dalam kegiatan ini, Prof. Ir. Dr. S. M. Sapuan Salit, FSAE dari Universiti Putra Malaysia (UPM) telah berpengalaman dalam menulis di jurnal internasional menjadi narasumber yang memberikan berbagai pengetahuan dan kiat-kiat dalam penulisan jurnal internasional. Prof. Sapuan yang memperoleh gelar Bachelor of Engineering di bidang Teknik Mesin dari University of Newcastle, NSW, Australia, Master of Science dalam Design Engineering dari Universitas Loughborough, Inggris dan PhD di bidang Teknik Material dari De Montfort University, Leicester, Inggris ini juga merupakan Kepala Program Penelitian Teknologi Komposit di UPM. Sampai saat ini, beliau telah menulis lebih dari 570 makalah jurnal, dan 580 makalah seminar dan konferensi. Beliau yang telah menulis lebih dari 75 bab buku dan menulis/mengedit lebih dari 25 buku di bidang teknik ini juga menceritakan berbagai pengalaman yang telah dilaluinya dan hal-hal apa saja yang menjadi motivasi beliau untuk mampu menjadi seorang penulis khususnya di jurnal-jurnal internasional bereputasi. H-index beliau saat ini adalah 38 dan jumlah kutipan dari 5.409 dari Scopus. Profesor Mohd Sapuan adalah penerima beberapa penghargaan seperti Outstanding Technical Paper Award, Society of Automotive Engineers International, Malaysia, National Book Award dan beberapa penghargaan lainnya yang diharapkan mampu menginspirasi para peserta yang hadir dalam kegiatan seminar.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan kepada peneliti yang belum berpengalaman dalam menulis artikel ilmiah di jurnal internasional, khususnya bagi dosen/peneliti muda di STMIK Indonesia Padang. Prof. Dr.-Ing. Ir. H. Hairul Abral, selaku Ketua STMIK Indonesia Padang mengungkapkan bahwa kegiatan ini hendaknya diharapkan dapat meningkatkan motivasi para dosen maupun mahasiswa dalam menulis artikel di jurnal Internasional. Selain itu, beliau juga berharap agar jumlah dan kualitas tulisan para dosen maupun mahasiswa dapat ditingkatkan serta para dosen maupun mahasiswa mampu bersaing dan memperoleh penelitian-penelitian nasional maupun internasional yang didanai oleh pemerintah maupun instansi dengan jumlah dana ratusan juta rupiah atau lebih. Dalam kegiatan ini, Ketua LPPM STMIK Indonesia Padang, Dr. Wahyudi, M. Sc. juga berperan serta membagikan informasi dan pengetahuan kepada peserta seminar tentang pentingnya kegiatan meneliti, khususnya kegiatan meneliti yang diarahkan pada satu bidang keahlian sehingga mutu dan kualitas hasil penelitian dapat ditingkatkan dan dosen akan lebih mudah bersaing untuk mendapatkan hibah penelitian dengan jumlah dana yang besar.