KEGIATAN AKADEMIK

Ditulis Oleh : LPTI Dibaca : 1698 Kali Tanggal : 04 Juli 2019

MAHASISWA STMIK INDONESIA PADANG MEMENANGKAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) TAHUN 2019 DI BIDANG PENGABDIAN MASYARAKAT DARI SIMBELMAWA RISTEKDIKTI.

STMIK Indonesia Padang berhasil memenangkan hibah dari Ristekdikti pada Program Kreativitas Mahasiswa. Tim tersebut terdiri dari Putri Oktavia Anggraini, Diky Raymendo dan Mefta Sa’da dengan dosen pembimbing Liranti Rahmelina, M.Pd.T. Hal pertama yang dilakukan adalah  mahasiswa langsung terjun ke mitra sasaran yaitu Mushola Muhsinin yang bertempat di Jl. Flamboyan Baru, Padang, dan menyampaikan keinginan mereka untuk melakukan pengabdian di mushola tersebut. Pengurus dan masyarakat sekitar bersyukur karena program ini juga sesuai dengan keinginan dari masyarakat sekitar tentang aktivitas yang dilakukan anak-anak di sekitar mushola sehari-hari. Program yang dilakukan berupa mengajak anak-anak untuk kembali ke surau. Awalnya dirancang modul serta kegiatan-kegiatan yang akan kami laksanakan. Kegiatan yang dilakukan yaitu mengajak dan mengajarkan anak-anak mengaji, mengarahkan anak-anak bagaimana cara beretika yang baik kepada orang tua dan masyarakat sekitar, serta mengayomi mereka untuk sadar akan lingkungan sekitar. Bukan itu saja, kegiatan juga mengajarkan kepada anak-anak cerdas akan teknologi dengan menggunakan Dadu Pintar Teknologi yang bekerja sama dengan Siberkreasi. Alhamdulillah program terlaksana dengan baik, pada program ini juga dihibahkan mukenah, Al-qur’an dan Iqro’ serta lemari untuk penyimpanan mukenah, Al-qur’an dan Iqro’ tersebut. Dari semua kegiatan yang dilaksanakan, telah didapatkan perkembangan yang baik dari masyarakat maupun anak-anak.  Sebelumnya mereka belum mengenal huruf hijaiyah sampai mereka telah pandai membaca Iqro’ , telah belajar berbicara sopan dan selalu senyum sapa kepada teman-teman, orang tua dan masyarakat sekitar,  lalu mereka juga telah mengerti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Mereka juga telah diajarkan cerdas teknologi dengan permainan yang mengasah otak mereka untuk berpikir tentang teknologi pada masa sekarang. Kegiatan ini juga ditanggapi baik oleh pihak kampus STMIK dengan memberikan supporting kepada tim mahasiswa berupa penambahan dana yang akan dijadikan bantuan tambahan pada mitra.