KEGIATAN AKADEMIK

Ditulis Oleh : LPTI Dibaca : 92 Kali Tanggal : 09 Oktober 2018

PKKMB STMIK INDONESIA PADANG TAHUN AKADEMIK 2018-2019

Merujuk pada Surat Edaran KEMENRISTEK DIKTI Nomor 468/B/SE/2017 tanggal 26 Juli 2017, PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibanya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela negara, radikalisme, penyalahgunaan narkoba sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.
PKKMB merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, yang didukung oleh dosen,  tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Untuk itu, implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan  peraturan internal perguruan tinggi untuk menghindari pelanggaran atas tata tertib, norma dan etika, serta hukum, terutama terkait dengan pencegahan dan penanggulangan perpeloncoaan, kekerasan dan hal-hal lain yang dapat mengancam tata kehidupan kampus serta kokohnya NKRI.
PKKMB STMIK Indonesia Padang diadakan tanggal 19 September s/d 23 September 2018. Grand opening PKKMB tahun ini ditandai dengan pelepasan balon oleh ketua STMIK Prof. Dr. –Ing. Ir. Hairul Abrar didampingi Ketua Yayasan Amal Bakti Mukmin Padang, ibu Hj. Erna Gusman. Penampilan tari pasambahan oleh mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa KSK (kerasi seni kampus). Kegiaatan PKKMB tahun ini dilaksanakan selama 4 hari. Kegiatan ini diisi oleh pemateri internal dan eksternal. Pemateri eksternal diantaranya: Kolonel Chairul Mustafa  tentang Paparan Wawasan Kebangsaan Bela Negara, Pencegahan Radikalisme, dan Meningkatkan Kesadaran Kehidupan Berbangsa bernegara. Sosialisasi tentang Narkoba yang dipaparkan oleh pihak BNN Kota Padang. Sedangkan pemateri internal membawakan materi-materi yang sangat berguna bagi mahasiswa baru untuk menempuh jenjang pendidikan yang baru di antaranya: General Education dan Pendidikan Tinggi, Prospek Peluang Kerja Lulusan Perguruan Tinggi, Pengenalan Nilai Budaya,Tata Krama dan Etika Keilmuan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan PKKMB ini adalah mahasiswa memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan; meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru; memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter  bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; dan terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.